Jangan Sedih

Posted on December 20, 2010

0


Jangan sedih jika masalah terjadi di dalam hidupmu, jangan membentak Tuhan dan menganggap-Nya tidak adil karena kamu merasa dikutuk, jangan menangis tersedu-sedu dan terpuruk di dalam pilu karena itu tidak perlu, jangan benci hidup dan ingin mempersingkatnya karena masih ada hal yang lebih baik di depan sana. Cobalah melihat dunia ini dengan lebih luas, coba rangkum semuanya dan menempatkan dirimu di antara mereka semua, coba lihat dan lihat dengan baik bagaimana ukuranmu dibandingkan dengan dunia? Kecil bukan?

Percaya bahwa masalah tidak hanya ada di dalam kehidupanmu saja. Meski bukan urusanmu, setiap manusia di dunia ini memiliki masalah masing-masing yang tak sama satu dengan yang lain. Bukan hanya keinginanmu, setiap manusia di dunia ini ingin meremas dunia atas permasalahan yang menimpa mereka. Seperti yang sudah kamu tahu sekarang, masalah bukan hanya ada di dalam kehidupanmu saja.

Seseorang di dunia ini pernah terluka hatinya karena masalah cinta, bukan cuma kamu saja. Seseorang di dunia ini pernah pusing karena masalah keluarga, bukan cuma kamu saja. Seseorang di dunia ini pernah berkonflik dengan sahabatnya, bukan cuma kamu saja. Setiap orang di dunia ini punya beberapa bekas luka di hati. Tidak perlu dijelaskan, kamu pasti tahu kalau yang punya bekas luka bukan cuma kamu saja. Jadi, mengapa masih yakin bahwa dunia berkonspirasi untuk melawanmu?

Ah! Saya tahu! Kamu pasti ingin dikasihani, ingin diberi simpati, ingin ditemani. Tapi tahukah kamu bahwa itu semua hanya akan membuatmu kalah? Tahukah kamu bahwa semua itu akan membuatmu lemah?

Tegakkan kepala dan buka mata lebar-lebar, tidak ada yang tidak bisa kau lalui di dunia ini, kamu adalah manusia yang dibekali otak, gunakan bekal itu dengan maksimal, jangan hanya untuk menangis dan meratap. Tidak ada yang perlu dirisaukan di dunia ini selama kamu masih bisa bernapas dan memiliki jiwa yang sehat, jangan biarkan permasalahan merusak sistim otak dan mengganggu kinerja akal sehatmu karena mereka adalah dua hal yang penting untuk bisa bertahan menjadi waras.

Jangan sedih, kamu tidak sendirian.

Advertisements