Sinetron

Posted on October 21, 2010

2


Ketika melihat adegan yang dirasa tidak mungkin terjadi saat sedang menonton tayangan serial drama di televisi, orang sering berkata: “Namanya juga sinetron!” Ketika melihat adegan yang mustahil saat menonton sebuah film di bioskop, orang sering berkomentar: “Namanya juga film!” Ketika tidak bisa memahami jalan cerita yang membingungkan dalam sebuah buku, orang sering berpendapat: “Ini buku yang susah!” Mereka semua berargumen tanpa berpikir, hal-hal yang mereka rasa tidak mungkin, mustahil, atau susah dipahami terkadang juga terjadi di dalam kehidupan nyata.

Okelah, saya juga merasa sinetron itu tingkat hiperbola-nya tinggi. Saking tingginya, saya sampai sering menjadikan hal tersebut sebagai lelucon bersama teman-teman. Tapi konflik yang terjadi di dalam sinetron, film atau buku bukan tidak mungkin terjadi. Meskipun dari awal sudah menyatakan diri sebagai cerita fiksi semata, kisah-kisah yang diceritakan bisa saja terjadi di kehidupan anak manusia. Beberapa film sukses adalah film yang diangkat dari kisah nyata. A Mighty Heart, North Country, Monster, dan The Pursuit of Happyness adalah beberapa diantara banyak kisah nyata yang sangat dramatis, just like a movie. Surreal, but it happened. Beberapa contoh film Indonesia yang terinspirasi dari kisah nyata adalah Perempuan Punya Cerita dan Virgin. Dua-duanya seakan-akan hanya bisa terjadi di dalam film, tapi di dunia nyata dua cerita tersebut juga terjadi.

Saya sendiri pernah mengalami beberapa babak drama di dalam hidup saya. Cerita yang sama, namun konflik yang berbeda. Lakonnya nggak ganti, tapi masalahnya yang berbeda. Percaya atau tidak, Anda pasti pernah mengalami drama terhebat di dalam hidup Anda. Drama yang membuat Anda ingin menangis saking terpuruknya, atau ingin tertawa karena sangat bahagia, atau ingin memaki karena amarah yang timbul akibat ulah seseorang. Orang bilang semua itu drama kehidupan. Tidak ada yang salah dengan drama-drama tersebut, toh jalanan sehalus apapun pasti ada lubangnya juga, meskipun kecil dan terkadang tidak terlihat.

Maka dari itu, with or without drama, jangan melecehkan sinetron yang terkadang ceritanya beyond common sense. Kadang-kadang hidup saya malah lebih dramatis ketimbang sinetron-sinetron stripping di RCTI itu. :mrgreen:

Advertisements
Posted in: cerita hari ini